Buku Kedokteran, Penting Ga Sih?


Fakultas kedokteran merupakan salah satu fakultas yang paling diminati di Indonesia, dan fakultas ini juga terkenal dengan biayanya yang mahal. Bukan hanya biaya kuliahnya saja, tetapi buku-bukunya juga. Buku kedokteran terkenal dengan harganya yang mahal dan isinya yang tebal.

Di zaman sekarang ini buku sudah jarang digunakan dan bukanlah hal yang wajib untuk dibeli. Selain berat untuk dibawa, di internet sudah terdapat banyak sekali informasi yang tersedia dengan lengkap termasuk materi kedokteran. Banyak situs yang menyediakan softfile, jurnal, artikel, maupun ebook mengenai materi kedokteran, misalnya NCBI, Clinical Key, Medscape, Crashcourse, dan Khan Academy. Di situs ini materi yang disediakan bahkan lebih lengkap dan mudah dipahami dibandingkan buku-buku kedokteran. Ebook dan jurnal yang disediakan juga dapat didownload legal secara free. Beberapa pihak kampus biasanya sudah berlangganan dengan situ-situs yang menyediakan jurnal dan artikel. Akan tetapi beberapa orang masih merasa tidak nyaman menggunakan ebook.

Mengapa harus membeli buku jika informasi yang dibutuhkan sudah tersedia di Internet?

Prinsip Ekonomi

Beberapa orang masih tidak bisa berpindah dari sensasi membalik-balikkan halaman buku, memberikan highlight pada bagian-bagian yang penting, dan sebagainya. Tetapi hal ini bukanlah menjadi suatu alasan untuk harus membeli buku, prinsip ekonomi juga harus disesuaikan. Salah satu solusi yang bisa digunakan yaitu meminjam buku kakak tingkat yang sudah tidak terpakai atau meminjam di perpustakaan. Di setiap kampus/universitas pasti ada perpustakaan yang dapat kita manfaatkan.

Jadi, membeli buku bukanlah hal yang wajib untuk dilakukan. Seseorang tidak harus membeli buku kedokteran agar ia bisa menjadi dokter. Karena untuk mencapai hasil yang maksimal bisa dilakukan dengan modal yang minimal.

Komentar