Ilmu Kedokteran Itu Apa Sih?

Kedokteran merupakan suatu ilmu dan seni yang mempelajari tentang penyakit dan cara-cara penyembuhannya. Ilmu kedokteran merupakan cabang dari ilmu kesehatan yang didalamnya mempelajari cara mempertahankan kesehatan manusia dan mengembalikan manusia pada keadaan sehat dengan memberikan pengobatan pada penyakit dan cedera.

Kedokteran berasal dari bahasa latin medicus yang berarti dokter. Ilmu kedokteran memiliki beberapa cabang spesialis misalnya, ginekologi (ilmu penyakit pada wanita), neurologi (ilmu penyakit saraf), pediatri (ilmu kesehatan anak), psikiatri (ilmu kedokteran jiwa), tht (ilmu yang mempelajari kesehatan telinga, hidung, dan tenggorokan), dll.

Sejarah Ilmu Kedokteran

Pada awalnya, masyarakat menggunakan tumbuh-tumbuhan herbal, dan hewan untuk tindakan pengobatan. Hal ini sesuai dengan kepercayaan magis mereka yaitu animisme, sihir, dan dewa-dewi. Masyarakat animisme percaya bahwa benda mati pun memiliki roh atau mempunyai hubungan dengan roh leluhur.

Ilmu kedokteran berkembang secara berangsur-angsur di berbagai tempat seperti di Mesir kuno, Tiongkok kuno, India kuno, Yunani kuno, Persia, dan lainnya. Pada abad ke-14 terjadi sebuah perubahan besar yaitu pendekatan ilmu kedokteran terhadap sains. Perubahan ini terjadi dengan adanya penolakan, karena tidak sesuai dengan fakta yang ada terhadap berbagai hal yang dikemukakan oleh tokoh-tokoh pada masa lalu.

Ilmu Kedokteran yang ada seperti sekarang ini berkembang pada akhir abad ke-18, kemudian di awal abad ke-19 berkembang di Inggris (William Harvey), Jerman (Rudof Virchow), serta Prancis (Jean-Martin Charcot, Claude Bernard). Adapun Ilmu Kedokteran modern saat ini, atau Kedokteran Ilmiah (hasilnya sudah di uji coba) merupakan pengganti tradisi awal kedokteran barat, herbalisme, humorlasime Yunani, serta teori-teori pra-modern. Seiring berjalannya waktu pusat perkembangan ilmu kedokteran berganti ke Britania Raya serta Amerika Serikat (dikembangkan oleh William Osler, Harvey Cushing).

Praktik kedokteran mengombinasikan sains, dan seni. Sains, dan teknologi adalah bukti dasar atas berbagai masalah klinis dalam masyarakat. Seni kedokteran merupakan gabungan antara ilmu kedokteran, intuisi, dan keputusan medis untuk menentukan diagnosis yang tepat, dan perencanaan perawatan untuk masing-masing pasien serta merawat pasien sesuai dengan apa yang diperlukan olehnya. Pusat dari praktik kedokteran yaitu hubungan relasi antara pasien dan dokter yang dibangun ketika seseorang mencari dokter untuk mengatasi masalah kesehatan yang dideritanya. Semua yang dilakukan dokter tercatat dalam sebuah rekam medis (dokumen yang berkedudukan dalam hukum).


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kedokteran

Komentar