Teknologi Nano Dalam Bidang Kedokteran (Nanomedicine)


Nanoteknologi adalah sebuah teknologi baru yang memungkinkan seseorang bekerja pada ukuran 1-100 nm. Terdapat beberapa hal yang perlu diketahui dari teknologi nano, untuk mengetahuinya dapat mengunjungi Hal-Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Teknologi Nano.

Salah satu penerapan nano teknologi di bidang kedokteran yaitu nanomedicine. Nanomedicine mampu melakukan pengobatan sampai ke tingkat gen, sehingga akan sangat berpengaruh di dunia kedokteran. Peran nanomedicine adalah memonitor, mengkontrol, memperbaiki dan mempertahankan semua sistem di dalam tubuh manusia. Penggabungan nanoteknologi dengan dunia kedokteran berawal dari penggunaan nanomaterial pada aplikasi pengobatan dan instrumen nanoelectric biosensor.

Contoh Nanomedicine

Nanobots

Nanobots merupakan robot yang berukuran nanometer yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang dapat mendeteksi sel-sel yang bermasalah dalam tubuh, kemudian menghancurkannya.
Contohnya yaitu :
  • Krim yang mengandung nanobot digunakan untuk mengobati suatu penyakit atau perawatan kulit
  • Mouthwash yang mengandung smart nanomachines yang dapat mengidentifikasi dan membunuh bakteri pathogen dalam mulut
  • Sistem imun yang mampu membunuh bakteri pathogen bahkan menghancurkan DNA/RNA virus di dalam tubuh
  • Mendeteksi penyumbatan oleh zat kapur atau lemak yang menutupi arteri jantung, dan menghancurkannya.


Nanohealing
Nanohealing merupakan salah satu teknologi yang vital. Teknologi ini memungkinkan untuk menghentikan pendarahan dengan cepat dan luka pada otak.

Cancer Treatment
Terdapat beberapa macam penerapan nanoteknologi pada pengobatan kanker, yaitu :
  • Cantilevers, sebuah batang yang sangat kecil ditanamkan dan dapat diatur untuk berikatan dengan molekul yang berhubungan dengan kanker
  • Nanopores yang mengijinkan salah satu helaian DNA untuk lepas pada waktu tertentu dan membuat gen-gen DNA pulih
  • Nanotube, ukurannya lebih kecil dari nanopore dan digunakan sebagai penunjuk dengan tepat dimana perubahan kode-kode DNA itu berlangsung
  • Nanoshell, terkonsentrasi pada sel kanker sehingga sel kanker mudah ditemukan.


Drug Delivery Obat
Dengan ukuran yang semakin kecil, akan dapat dengan mudah memasuki mekanisme pertahanan tubuh dan akan mampu mencapai tempat-tempat tertentu yang bahkan tidak bisa ditemukan oleh obat yang beredar saat ini.

Komentar