Pusing Mendadak Dapat Mengakibatkan Stroke Hemoragik

Pernahkah anda mengalami pusing yang sangat hebat secara mendadak? Berhati-hatilah apabila anda sering mengalaminya, karena nyeri yang teramat bisa mengakibatkan suatu kondisi yang fatal. Sebagian orang menganggap sakit kepala mendadak ini hanya migrain atau sakit kepala biasa, padahal sakit kepala mendadak tidak bisa diobati dengan sembarang obat.

Sakit kepala mendadak terjadi akibat rembesan darah dari kantong aneurisma atau terjadi kebocoran pada dinding pembuluh darah otak karena lemahnya dinding pembuluh darah. Dinding pembuluh darah tersebut tidak mampu menahan tekanan darah yang relatif tinggi. Sehingga setelah melalui proses sekian lama, terjadilah penggelembungan atau pelebaran yang disebut dilatasi. Bila kondisi gelembung itu kian membesar dan kemudian pecah, maka bisa berakibat kelumpuhan atau malah kematian bagi si penderita.

Dalam hal ini perdarahan otak disebut stroke yang terbagi dalam dua kelompok besar stroke yakni stroke iskemik dan stroke hemoragik atau perdarahan. Yang termasuk perdarahan otak adalah perdarahan sub- Arakhnoid  (PSA), yakni perdarahan yang bermula dibawah selaput jala otak. 

Rembesan darah dari kantong aneurisma dilaporkan terjadi pada 30-50% pasien dengan PSA, kebocoran kantong-kantong aneurisma ini kemudian sering bermanifestasi sebagai nyeri kepala akut, baik lokal maupun general yang kemudian dapat menjadi berat.

Tindakan evaluasi awal yang dapat dilakukan secara sensitive sekaligus pencegahan dini aneurisma yaitu dengan memanfaatkan teknologi MRI dan CT Scan. Menurutnya setelah di CT Scan dan terbukti adanya perdarahan maka proses diagnostik harus dilanjutkan untuk mencari sumber perdarahan dengan menggunakan MRI-Angiografi.

Pasien yang datang pada stadium awal, oleh dokter akan ditolong dengan jalan pembedahan. Dinding pembuluh darah di otak yang menggelembung itu akan diatasi dengan cara menjepit leher aneurisma. Teknologi pembedahan yang relatif baru ini disebut metode endovaskular.

Namun, apabila pasien baru datang saat sudah dalam kondisi parah, Embolisasi merupakan tindakan yang akan dipilih. Embolisasi adalah pemasukan bahan-bahan tertentu ke dalam aliran darah untuk pengobatan sumbatan pembuluh darah. Apabila penderita aneurisma datang ke dokter sebelum dinding pembuluh darah otaknya pecah, maka tingkat keberhasilan upaya pembedahan cukup tinggi.

Tujuan terapi medis PSA secara umum  adalah untuk mencegah efek sekunder setelah serangan dan mengatasi komplikasi medis yang dapat terjadi akibat perdarahan awal, sekaligus mencegah PSA pada pasien  yang sudah diketahui punya aneurisma di otak.

Apabila anda mengalami rasa sakit kepala yang belum pernah dialami semasa hidup, segera periksakan.

Komentar