Apa Itu Anxiety Disorder?


Akhir-akhir ini mental disorder seringkali diperbincangkan di media sosial, apalagi setelah maraknya film Joker yang isinya memuat tentang orang yang mengalami gangguan kesehatan mental. Kelainan kesehatan mental adalah penyakit yang dapat mempengaruhi pikiran, perasaan, dan tingkah laku seseorang sehingga Ia berbeda dari orang kebanyakan. Apa sih kesehatan mental itu? Dalam artikel Sebuah Perkenalan Dengan Kesehatan Mental kesehatan mental adalah keadaan seseorang dimana ia bisa menyadari kemampuannya, dapat menghadapi masalah dalam hidup, dapat bekerja dengan baik, serta dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat sosial. 

Salah satu kelainan kesehatan mental ialah anxiety disorder. Anxiety atau kecemasan menggambarkan perasaan normal yang dialami orang ketika dihadapkan dengan ancaman, bahaya, atau ketika sedang stres. Merasa cemas merupakan hal yang sangat umum, penting untuk memahami perbedaan antara perasaan cemas yang sesuai dengan situasi dan gejala-gejala gangguan kecemasan.

Gangguan kecemasan (anxiety disorder) merupakan sekelompok penyakit yang ditandai oleh perasaan kegelisahan tinggi yang persisten, dan ketidaknyamanan dan ketegangan yang ekstrem. Orang-orang cenderung didiagnosis dengan gangguan kecemasan ketika tingkat kecemasan mereka sangat ekstrem sehingga dapat mengganggu kehidupan sehari-hari dan membuat mereka berhenti melakukan apa yang ingin mereka lakukan.

Anxiety disorder dimulai pada awal masa dewasa, tetapi hal ini dapat dimulai pada masa kanak-kanak. Wanita lebih rentan mengalami gangguan kecemasan daripada pria.

Gangguan kecemasan sering muncul tiba-tiba, tanpa alasan yang jelas. Mereka umumnya disertai dengan sensasi fisik yang intens, seperti sesak napas dan jantung berdebar. Gejala-gejala lain dapat meliputi berkeringat, gemetar, perasaan tersedak, mual, tekanan perut, pusing, perasaan kehilangan kendali dan / atau perasaan akan datangnya malapetaka. Gangguan kecemasan dapat mempengaruhi cara seseorang berpikir, merasakan, dan berperilaku dan, jika tidak dirawat, dapat menyebabkan tekanan dan gangguan yang cukup besar pada kehidupan orang tersebut.

Komentar