Bye Bye Perut Buncit!


Beberapa orang menganggap perut buncit merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh wanita maupun pria. Perut buncit tidak hanya akan berakibat pada kesehatan tetapi juga penampilan. Rasa percaya diri akan meningkat dengan bentuk tubuh yang ideal sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh. Diet demi memiliki tubuh ramping dan berotot tentu tidak mudah karena dibutuhkan usaha keras, misalnya dengan rutin berolahraga dan menjaga pola konsumsi makanan. Selain itu, tidak jarang orang-orang membeli alat olahraga, bahkan sampai mengkonsumsi obat atau suplemen demi mengecilkan perut buncit mereka.

Tahukah kamu apa saja penyebab perut buncit? Sederhananya, pola makan yang tidak dijaga seperti sering mengkonsumsi makanan manis dan kurangnya waktu beristirahat juga dapat menyebabkan perut buncit. Selain itu, faktor lain yang dapat menyebabkan perut buncit yaitu merokok, mengkonsumsi alkohol, jarang berolahraga, faktor genetik, dan beban pikiran yang menumpuk.
Perut buncit disebabkan oleh terjadinya penumpukan lemak di daerah perut. Lemak di perut adalah penumpukan lemak pada jaringan adiposa yang terletak di bawah permukaan kulit perut atau hypodermis. Pada wanita, penumpukan lemak terjadi di daerah perut, pinggang, dan pinggul. Sedangkan pada pria, penumpukan lemak terjadi di daerah perut.

Mempunyai perut buncit berisiko terhadap kesehatan, karena salah satunya terjadi tumpukan lemak viseral yang berlebih. Lemak viseral membungkus organ-organ rongga perut, seperti pankreas, hati, dan usus. Lemak jenis ini dapat mempengaruhi fungsi hormon dalam tubuh. Penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, hingga kanker menjadi empat penyakit yang dapat menimpa seseorang dengan perut buncit.

Bagaimana Cara Mengecilkan Perut Buncit?
  • Membaca bahan makanan
Mengecek bahan makanan yang tertera dalam kemasan dapat dilakukan untuk mengetahui kandungan lemak dalam makanan tersebut. Hindarilah makanan yang mengandung lemak trans seperti yang terdapat di margarin, frozen food, permen, makanan yang dipanggang, dan beberapa saus.

  • Hindari gula
Mengkonsumsi gula secara berlebih dapat membuat resistensi insulin, di mana kondisi ini membuat seseorang sulit menurunkan berat badan. Gula dapat meningkatkan level insulin dan menahan hormon leptin, yaitu hormon yang memberi sinyal pada tubuh ketika merasa kenyang. Selain itu, gula dapat membuat reseptor dopamin menjadi berlebih. Hal ini dapat membuat seseorang menjadi mudah lapar dan sulit kenyang.

  • Minuman yang dikonsumsi
Batasilah mengkonsumsi minuman dengan pemanis gula, seperti soda, jus buah, dan es teh manis. Gula dapat membuat otak tidak memproses kalori cair, apalagi memproses kalori berbentuk padat. Mengonsumsi kalori dalam bentuk minuman, membuat seseorang masih merasa lapar, sehingga masih membutuhkan makan.

Komentar