Masturbasi Bagi Wanita



Masturbasi bagi wanita merupakan suatu hal yang normal selama tidak mengganggu tugas dan kehidupan sosial. Lebih dari ½ wanita Amerika melakukan setidaknya sekali dalam kurun waktu tiga bulan. Masturbasi baik untuk kesehatan fisik dan mental.
Seperti yang sudah dibahas pada artikel Masturbasi Menurut Ilmu Kedokteran, masturbasi dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan memperkuat otot-otot di daerah panggul. Pada beberapa wanita, masturbasi membantu meringankan kram menstruasi.

Apakah Wanita Boleh Melakukan Masturbasi Pada Saat Menstruasi?

Tentu saja, masturbasi selama haid tidak terlalu berbeda dari masturbasi selama sisa siklus yang dimiliki wanita. Sebenarnya tidak ada alasan mengapa wanita tidak boleh bermasturbasi saat menstruasi. Penelitian telah menemukan bahwa selama menstruasi beberapa wanita dapat merasa lebih terangsang dari biasanya.

Alasan Mengapa Masturbasi Pada Saat Menstruasi Merupakan Hal Yang Baik

Orgasme selama masturbasi melepaskan hormon yang dapat membantu seseorang merasa lebih tenang dan santai. Bagaimana perbedaan masturbasi selama periode berbeda?

Setelah wanita mengalami orgasme akan melepaskan endorfin. Selain dapat menghilangkan rasa sakit, hormon-hormon ini dapat mengangkat suasana hati secara keseluruhan. Jadi mengalami orgasme selama menstruasi sebenarnya dapat membantu seseorang merasa lebih bahagia dan terbebas dari stres.

Tubuh juga melepaskan dopamin dan oksitosin. Dikombinasikan dengan endorfin, mereka dapat memberikan penghilang rasa sakit yang kuat. Itu sebabnya banyak wanita yang menderita migrain pada saat menstruasi mendapati bahwa sakit kepala mereka dapat berkurang atau hilang setelah mengalami orgasme. Perubahan hormon ini juga dapat meredakan jenis nyeri lainnya, seperti nyeri punggung yang dialami banyak wanita selama menstruasi.

Wanita yang mengalami orgasme juga dapat membantu tertidur lebih cepat, karena merasa lebih santai/rileks.

Bagaimana masturbasi mempengaruhi kesehatan?

Banyak wanita tersiksa oleh keraguan tentang apakah masturbasi bagi wanita benar-benar tidak berbahaya bagi kesehatan mereka dan apakah itu dapat mempengaruhi keteraturan siklus menstruasi. Sebaliknya, para ahli menekankan aspek positifnya, yaitu dapt memberi kesempatan untuk:
  • Mengenali tubuh lebih baik;
  • Meningkatkan kehidupan seks, karena masturbasi membuat lebih percaya diri dan sadar akan respons seksual;
  • Menghilangkan stres;
  • Meningkatkan mood yang diakibatkan oleh pelepasan endorfin;


Saat bermasturbasi, seseorang tidak bisa hamil atau tertular penyakit menular seksual. Pengecualiannya adalah ketika seseorang menggunakan mainan seks orang lain atau melakukan kontak dengan alat kelamin orang lain. Jika masturbasi tidak menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman atau mengganggu kehidupan sehari-harinya, itu merupakan hal yang tidak berbahaya.

Komentar